✕ Close

6 Fakta Wajib Militer Korea Selatan yang Harus Kamu Ketahui

adsense-fallback

Selama ini pasti Kamu sudah tak asing lagi dengan istilah layanan militer atau yang lebih dikenal wajib militer. Kebijakan yang wajib dilakukan oleh setiap kaum lelaki tersebut memang erat kaitannya dengan negeri ginseng. Di balik itu semua ada beberapa fakta wajib militer Korea Selatan yang akan sangat menarik untuk disimak.

Ini Beberapa Fakta Wajib Militer Korea Selatan

Sifat wajib yang diterapkan pemerintah Korea Selatan dikenal tidak pandang bulu bagi siapa pun baik bagi pejabat maupun rakyat biasa. Bisa dibilang tidak ada alasan khusus untuk menghindarinya. Bahkan para bintang k-pop itu sendiri tidak bisa menghindar darinya. Lalu apa saja sih fakta wajib militer korea selatan? lihat saja di bawah ini.

adsense-fallback

1. Wajib bagi setiap lelaki di atas 20 tahun

Pemerintah Korsel menerapkan aturan dimana lelaki yang sudah berusia 20-30 tahun harus mengikuti wajib militer. Nantinya akan diberikan surat pemberitahuan khusus untuk berpartisipasi di dalamnya. Ada berbagai posisi yang bisa ditempati dan masing-masing memiliki durasi yang berbeda. Intinya setiap pria yang sehat harus memenuhi panggilannya.

2. Alasan Adanya Wajib Militer

Mungkin Kamu masih merasa heran, bagaimana bisa negara maju seperti Korsel masih menerapkan kebijakan yang bisa dibilang menyusahkan warganya. Namun pastinya hal itu bukan tanpa alasan sebab rivalitasnya dengan negara tetangga, Korea Utara masih memanas. Semenjak perang besar nyatanya keduanya memang sedang genjatan senjata tetapi bisa jadi sewaktu-waktu terjadi lagi perang antar negara serumpun Korea Selatan dan Korea Utara.

3. Durasi Wajib Militer

Fakta wajib militer Korea selatan selanjutnya yakni tentang durasi atau tenggang waktu ketika mengikutinya. Bisa dibilang durasi ketika mengikuti program pemerintah tersebut sangatlah bervariasi. Ada yang hanya 21 bulan, ada pula yang melebihinya. Umumnya semua itu bergantung dari posisi yang ditempati karena ada beragam penempatan yang berbeda misalnya di pelayanan publik, angkatan darat hingga angkatan laut.

Baca juga fakta-fakta Korea lainnya:

4. Wajib Tapi Dibayar

Jangan berpikir kalau mengikuti layanan militer hanya membuang-buang waktu saja. Bagaimanapun di situ ada pelatihan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Lebih penting dari itu, setiap lelaki yang terlibat akan dibayar dengan jumlah yang lumayan fantastis. Mungkin tidak sebesar dengan profesi artis tetapi sangatlah lumayan daripada tidak di bayar sama sekali.

5. Bisa Ditunda

Fakta wajib militer korea selatan memang mengharuskan setiap lelaki untuk mengikutinya. Namun, dengan alasan khusus Kamu bisa menundanya. Bagaimanapun alasan tersebut haruslah logis dan dapat diterima misalnya sedang sakit, bisnis, punya anak dan lain-lain. Hal terpenting ialah penundaan tidak sampai melewati usia 29 tahun. Jika dari itu maka Kamu harus siap menerima hukuman.

6. Menjadi kebanggaan tersendiri

Mengikuti wajib militer bukan hanya memenuhi panggilan negara. Sebab kebanyakan dari rakyat negeri gingseng berpikir lebih dari itu. Ketika sudah pernah bergabung layanan militer maka pandangan masyarakat akan sedikit berbeda. Maksudnya lelaki dianggap lebih macho dari sebelumnya. Selain itu tentunya ada banyak sekali manfaat positif yang bisa dipetik selama pelatihan tersebut.

Itulah beragam fakta wajib militer Korea selatan yang sangat menarik untuk di simak. Awalnya mungkin Kamu heran dengan kebijakan tersebut karena selain durasinya yang lama, program tersebut juga sangatlah menguras tenaga. Bagaimanapun semua pria dari negeri gingseng tersebut wajib mengikutinya tanpa menerima alasan khusus. Penundaannya pun di batasi waktu, hanya seseorang yang berhasil membanggakan negara yang bisa menghindarinya. Misalnya atlet yang berhasil masuk semi final piala dunia 2004 dan meraih emas Olimpiade atau Asian Games.

adsense-fallback